Minggu, 13 September 2015

Teh Hijau Ternyata Sangat Baik Buat Membantu Menurunkan Berat Badan

Teh hijau banyak kita jumpai di pasaran, dan teh hijau diketahui memiliki banyak manfaat yang nyata tak lain karena memang mengandung banyak antioksidan yang sangat bermanfaat buat kesehatan ataupun kecantikan. Baca deh beberapa manfaat lain dari teh hijau di artikel yang membahas tentang manfaat teh hijau berikut.

Salah satu manfaat teh hijau yang sudah lama menjadi bahan perdebatan diantaranya untuk tujuan menurunkan berat badan. Ada yang setuju dengan hal ini dan ada pula yang tidak setuju.

Akan tetapi, sebuah studi menunjukkan bahwa teh hijau akan bisa membantu meluruhkan lemak badan apabila dibarengi dengan olahraga.

Studi terbaru yang dilakukan ilmuwan Anglia Ruskin University Inggris berhasil mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh hijau yang dibarengi dengan olahraga akan bisa membantu meluruhkan lemak.

Dalam penelitian yang menggunakan teh hijau tanpa kafein dengan menggunakan pengujian terhadap 14 pria yang aktif. DI mana 7 orang diberikan plasebo sedangkan 7 orang lainnya yang berusia rata-rata 21 tahun diberikan kapsul berisi teh hijau tanpa kafein.

Nah tim peneliti tersebut berhasil menemukan bahwa partisipan dalam penelitian yang mengonsumsi ekastrak te hijau mengalami penurunan lemak sebanyak 1,63 persen apabila dibandingkan yang dikasih plasebo. Adapun tingkat oksidasi lemak meningkat sebesar 25 persen. Hal ini dianggap penting karena oksidasi lemak membantu penurunan berat badan.

Selain itu seluruh 24 partisipan jua diinta untuk bersepeda selama 1 jam dengan intensitas 3 kali seminggu. Dan diketahui bahwa pasrtisipan yang minum kapsul mengalami peningkatan performa hingga 10,9 persen selama priode 4 minggu. Untuk jarak bersepeda sendiri meningkat rata-rata 20,2 km menjadi 22,4 km.

Pemimpin penelitian yang bernama Dr Justin Roberts menyebutkan bahwa teh hijau adalah minuman yang memiliki banyak manfaat kesehatan karena terdapat kandungan dalam jumlah tinggi yang disebut EGCG (epigallocatechin gallate). Namun perlu untuk dicatat bahwa untuk memperoleh dosis yang dibutuhkan diperlukan untuk mengonsumsi sekitar 6 sampai 7 cangkir teh hiijau setiap harinya. Dalam penelitian itu sendiri mengunakan kapsul yang mengandung EGCG sebesar 400 mg.

"Pada dasarnya penelitian kami menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak teh hijau berpotensi membantu orang menurunkan berat badan, jika dikombinasikan dengan olahraga. Tapi kami menyadari sekarang diperlukan penelitian dalam skala lebih besar," tutur Dr Justin Roberts, seperti dilansir dari Cambridge News (06/02/2015).

Studi ini dipublikasikan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition.

Nah, bagi yang memiliki berat badan berlebih, sepertinya bisa dicoba tuh meminum teh hijau demi tujuan mendapatkan berat badan yang menurun. Oke, guys semoga informasi ini bermanfaat buat anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar