Minggu, 13 September 2015

Tidur Berkualitas Jaga Daya Tahan Tubuh

Apakah anda meras tidur anda sudah mencukupi untuk menjaga daya tahan tubuh anda? Ya, semoga saja memangtidur anda berkualitas sehingga lebih kebal dengan munculnya berbagai macam penyakit.

Seperti apakah yang dimaksud dengan tidur yang berkualitas itu? Nah, perlu untuk anda ketahui bahwa ketika akan tidur anda akan melalui 5 tahapan sebelum akhirnya tertidur pulas. Pertama adalah ketika mata sudah terpejam. Pada tahapan yang keuda detak jantung anda akan menurun dan diikuti dengan suhu tubuh yang menurun. Tahapan ketiga, dan keempat adalah tahap tidur pulas.

Pada tahapan keempat ini sel darah merah akan diperbarui dan selain itu juga tubuh akan mulai mmeproduksi hormon-hormon yang penting untuk pertumbuhan dan penyembuhan.

Nah, sedangkan pada tahapan yang kelima atau yang dikenal juga dengan Rapid Eye Movement (REM) adlah sangat penting untuk kesehatan mental anda. Pada tahap ini, fungsi-fungsi kognitif, pembelajaran, dan daya ingat diasah. Jika anda sering bermimpi maka itu biasanya terjadi pada tahapan ini.

Akan tetapi sebelum mencapai tahapan yang kelima ini biasanya kan terjadi pengulangan tahap 2 dan tahap 3. Polanya tahap 1, 2, 3, 4, 3, 2, REM. Sebelum memasuki tahap REM, tahap 1-4 akan berlangsung selama 90 hingga 120 menit.

Nah, ingin dapat tidur yang berkualitas maka anda perlu mengetahui hal ini. Lamanya tahapan 4 dan REM ituah yang menentukan kualitas tidur anda. Makanya jangan heran kalau anda menjumpai orang yang tidurnya cuma 6 jam akan tetapi setelah bangun tidur badannya terasa lebih bugar dibanding seseorang yang tidurnya lebih lama. Lamanya tidur tidak akan selalu menunjukkan tidur yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar